5 Tanda Busi Mobil Bermasalah dan Harus Diganti

  • Sabtu, 19 Desember 2020 - 09:21:07 WIB
  • Administrator
5 Tanda Busi Mobil Bermasalah dan Harus Diganti

Busi adalah salah satu bagian terpenting kendaraan bermotor untuk bisa beroperasi. Tidak ada aturan baku soal berapa lama busi mobil harus diganti. Tapi ada gejala yang bisa dirasakan untuk menandakan Anda harus menggantinya.

Busi mobil berperan penting dalam proses pembakaran di ruang mesin kendaraan. Seperti bagian kendaraan yang lain, busi mobil tentu saja butuh perawatan. Namun, seperti telah disebutkan sebelumnya, tidak ada aturan spesifik soal kapan busi seharusnya menjalani servis atau bahkan diganti.

Fungsi Busi

Dikutip dari situs resmi Suzuki, busi memiliki fungsi untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh koil menjadi percikan api. Percikan api ini nantinya akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin api di akhir langkah kompresi. Atau bisa juga dikatakan busi membakar campuran bensin dengan udara yang telah dikompres oleh gerakan piston.

 

Pengecekan busi mobilPengecekan busi mobil Foto: NGK Busi Indonesia

Itu artinya, tanpa busi proses pembakaran di ruang bakar mesin tidak akan pernah terjadi. Semua komponen terkait sistem gerak tidak akan berfungsi sebagaimana tugasnya masing-masing.

5 Tanda Busi Bermasalah dan Harus Diganti

Jika busi mobil tak lagi bisa bekerja secara optimal, ada beberapa tanda yang bisa dirasakan oleh pengendara.

  1. Kendaraan tak bisa atau sulit distarter
  2. Kondisi kendaraan dalam posisi idle tak stabil
  3. Mesin menggelitik
  4. Konsumsi bahan bakar menjadi boros
  5. Penurunan performa kendaraan.

Fakta-fakta busi

Tanya: Berapa harga busi?

Jawab: Harga satu buah busi bervariasi. Dilihat pada beberapa situs belanja online, yang paling murah berada di kisaran Rp 20 ribuan. Sementara yang paling mahal mendekati Rp 150 ribu. Harga berbeda tergantung merek dan jenis busi.

Jawab: Dikutip dari TheDrive, tidak ada aturan pasti soal durasi penggantian busi. Semua tergantung pemakaian. Namun, pergantian busi bisa dilakukan paling tidak setiap 40.000 km. Namun jika dirasa sudah harus mengganti busi sebelum itu, jangan ditunda-tunda. Konsultasikan durasi pergantian busi dengan bengkel langganan detikers.Tanya: Seberapa sering busi harus diganti?

Tanya: Haruskah sekaligus mengganti seluruh busi?

Jawab: YA. Itu peraturan tak tertulis namun berlaku secara umum. Penggantian busi secara bersamaan harus dilakukan supaya seluruh busi memiliki level performa yang sama. Hindari mencapuradukkan busi baru dengan busi lama.

Tanya: Apa yang terjadi pada mobil jika busi tidak diganti?

Jawab: Berkendara dengan busi mobil dalam keadaan buruk bisa menurunkan performa mobil. Konsumsi kendaraan juga jadi boros, pengapian yang tidak sempurna, mobil sulit distarter dan yang terburuk bisa menyebabkan kerusakan mesin.

Sumber : https://oto.detik.com/tips-and-tricks-mobil/d-5295140/5-tanda-busi-mobil-bermasalah-dan-harus-diganti?_ga=2.18148592.810917892.1608344229-1890955303.1574101359

  • Sabtu, 19 Desember 2020 - 09:21:07 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya